UMSU Komit Tak Lampaui Kuota PMB - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

INFO AKADEMIK

Jurnal Online UMSU

Jurnal UMSU

Polling

Twitter

Follow US on Twitter

Jumlah Kunjungan

Pencarian

Loading

Announcements

UMSU Komit Tak Lampaui Kuota PMB

Sabtu 06 Juli 2013, Posted by : [Ahmad Helmy]
 

Meski perguruan tinggi negeri (PTN) membatasi jumlah dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB), namun bagi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) tak akan menerima mahasiswa baru melebihi dari kuota yang telah ditentukan.

"UMSU berkomitmen untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan kualitas lulusan menjadikan mahasiswa cerdas, unggul dan terpercaya," kata Rektor UMSU Drs Agussani MAP menjawab wartawan di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, hal itu terkait dengan fasilitas belajar dan mengajar yang dimiliki universitas, lahan parkir, ruang kelas, jumlah dosen. Untuk itu kedepannya, UMSU memiliki prioritas terus meningkatkan fasilitas dengan membangun gedung kampus pascasarjana di Jl Denai yang sedang dikerjakan saat ini.

Mengenai target kuota calon mahasiswa baru UMSU tahun ini direncanakan berjumlah 5.000 orang lebih. “Jika ternyata peminat membludak, maka UMSU tak akan menerima mahasiswa lagi mengingat kuota yang disediakan telah terpenuhi,” tegasnya.

Seperti diketahui, saat ini total jumlah mahasiswa UMSU mecapai 15 ribuan mahasiswa program S1 dan S2 sebagai mahasiswa aktif yang mengikuti perkuliahan. Selain itu, komitmen UMSU dalam pengembangan kualitas pengajaran terus dilakukan sepertu pembenahan sistem kurikulum yang memungkinkan siswa bisa meraih gelar sarjana lebih cepat yakni dalam waktu tiga tahun tujuh bulan.

Salah satu terobosan kedepan, UMSU juga telah membangun kerjasama dengan kedutaan Amerika dalam program Language English Fellow. Dimana tenaga pengajar dari Amerika akan mencicipi pengajaran di UMSU pada 2013-2014. Kerjasama ini merupakan yang pertama kali dilakukan kampus biru ini.

Untuk peningkatan sumber daya manusia akademik, kata Agussani, UMSU juga memberikan beasiswa pendidikan strata magister dan doktor, baik dalam dan luar negeri. Selain itu, UMSU juga konsen melakukan pembinaan masyarakat lewat program pengadian masyarakat yang didukung oleh organisasi intra dan ekstra yang adi UMSU. Disamping itu kata rektor, UMSU mulai tahun 2013 ini juga telah membuka kesempatan bagi mahasiswa dari luar kota Medan sebagai penghuni di rusunawa yang lokasinya berada di kampus utama Jl Muktar Basri Medan.

Rusunawa yang mempunyai tiga lantai akan dihuni sekitar 120 orang mahasiswa dari luar kota itu diharapkan juga mampu memberikan fasilitas pemukiman sementara bagi mahasiswa UMSU untuk menimba ilmu pengetahuan tanpa harus tinggal atau mencari rumah kontrakan di sekitar kampus.

Komentar Anda