SYARAT PENDAFTARAN ULANG


JADWAL DAN SYARAT PENDAFTARAN ULANG PESERTA LULUS UJIAN TAHUN 2019

GELOMBANG II TAHUN AKADEMIK 2019/2020



JADWAL DAN SYARAT
PENDAFTARAN ULANG PESERTA LULUS UJIAN
PENERIMAAN MAHASISWA BARU UMSU
GELOMBANG II
TAHUN AKADEMIK 2019/2020



  1. Pengumuman hasil ujian Gelombang II dapat dilihat pada Website penmaru.umsu.ac.id pada hari Kamis, 1 Agustus 2019 (Pukul 00.00 WIB) dan pada papan publikasi UMSU hari Kamis (Pukul 10.00 WIB).
  2. Peserta lulus ujian Gelombang II melakukan registrasi berdasarkan ketetapan kelulusan (baik program studi maupun jadwal perkuliahan)
  3. Calon mahasiswa tidak dibenarkan pindah Fakultas dan Program Studi setelah kelulusan.
  4. Calon Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi sampai dengan batas waktu yang ditetapkan di atas, maka yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri.
  5. Pendaftaran Ulang dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2019 s.d 14 September 2019 pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB, bertempat di Auditorium Kampus III UMSU Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238, dengan:
    1. Menunjukkan Kartu Tanda Peserta Ujian (Asli).
    2. Membayar BPP minimal tahap I. Bagi yang membayar lunas BPP discount 10%, (non fakultas kedokteran)
    3. Membayar biaya Dana Pengembangan Pendidikan (DPP).
    4. Membaca Peraturan Rektor No. 1891/Kep/II.3-AU-UMSU-A/2012. Tentang Peraturan Disiplin Mahasiswa. (file dapat dilihat dan didownload di Peraturan Rektor UMSU Tahun 2012)
    5. Menyertakan Surat Pernyataan Kesanggupan Menjadi Mahasiswa Baru UMSU yang diketahui dan ditanda tangani Orangtua/Wali. (surat dapat di download di Berkas Surat Pernyataan Mahasiswa Baru UMSU).
    6. Menyediakan 3 (tiga) lembar materai 6000.
    7. Melengkapi data dan dokumen:
      1. Fotocopy Ijazah SLTA sederajat yang dilegalisir masing-masing 3 (tiga) set.
      2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
      3. Fotocopy Akte Kelahiran
      4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) mahasiswa dan Orangtua
  6. Bagi Calon Mahasiswa yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa Bidikmisi PTS UMSU di DIKTI. Mohon melaporkan diri ke Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMSU dengan membawa dokumen sebagai berikut:
    1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi.
    2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah
    3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    4. Fotokopi Ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    5. Fotokopi Nilai Ujian Akhir Nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    6. Surat Keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah.
    7. Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Beasiswa Siswa Miskin (BSM);
    8. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya.
    9. Fotocopy Kartu Keluarga.
    10. Fotocopy Rekening Listrik Bulan terakhir atau bukti pembayaran PBB.

PANITIA PENERIMAAN MAHASISWA BARU
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Rektor,


Dr. AGUSSANI, M.AP

Ketua,


Dr. Muhammad Arifin, S.H., M.Hum.






SUSUNAN BERKAS PROGRAM BIDIKMISI SEBAGAI SYARAT DAFTAR ULANG TAHUN 2019



  1. Kartu Peserta Bidikmisi Dan Formulir Peserta Bidikmisi dari Sekolah (semua data wajib diisi secara lengkap dan dokumen di- upload ke dalam system pendaftaran online) https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Fotocopy Kartu tanda penduduk/Surat resi keterangan domisili sesuai Kartu keluarga.
  3. Fotocopy Kartu tanda mahasiswa (apabila sudah melakukan registrasi ulang).
  4. Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah.
  5. Surat Keterangan Prestasi/Peringkat Kelas dari semester I s.d VI (secara terperinci) dari Kepala Sekolah.
  6. Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau Pejabat Berwenang atas nama orang tua calon mahasiswa.
  7. Surat Keterangan Penghasilan Orang tua dari instansi tempat bekerja negeri/swasta, atau Surat Pernyataan Penghasilan Orang tua yang ditandatangani diatas materai 6000 dan diketahui oleh Kepala Lingkungan setempat (bagi orangtua yang wirausaha, petani/nelayan, dan lainnya).
  8. Surat keterangan berbadan sehat.
  9. Fotocopy Kartu Keluarga.
  10. Fotocopy Ijazah dan Skhu yang telah dilegalisir asli.
  11. Fotocopy raport semester I-VI yang telah dilegalisir asli.
  12. Fotocopy rekening Listrik bulan terakhir dan Fotocopy Pajak Bumi Bangunan (status rumah kepemilikan sendiri)
  13. Fotocopy Sertifikat/Piagam Ekstrakurikuler dan Ko-Kurikuler
  14. Softcopy Pas Foto Diri, Foto Keluarga, Rumah tampak depan, Ruang keluarga, Dapur, Kamar tidur calon mahasiswa, dan Mandi Cuci Kakus (MCK).(File Disimpan dalam Disk Cd-Rw).

CATATAN :

  1. Contact Person WA : 082217696966
  2. Berkas diserahkan pada saat dinyatakan Lulus seleksi ujian masuk Universitas.

Pengisi Biodata Terakhir

Lokasi Kampus

Mahasiswa UMSU